Home / Marketing /

Perbedaan antara Google Adwords dan Google Adsense

untitled-1

Perbedaan antara Google Adwords dan Google Adsense

September 28, 2016 @ 3:00 pm
by admindoxa
Perbedaan antara Google Adwords dan Google Adsense

Dalam dunia digital marketing pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Google Adwords atau Google Adsense. Meski sama-sama dalam dunia periklanan, keduanya memiliki perbedaan dan fungsinya masing-masing. Apakah anda mengetahui perbedaan dari Google Adwords dan Google Adsense? Berikut akan kami ulas perbedaan antara keduanya.

Google Adwords merupakan suatu jasa periklanan yang di buat oleh Google, dimana iklan yang di tampilkan hanya yang relative dengan konten.  Kekuatan dari Google Adwords sebagai produk layanan periklanan banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis untuk mempromosikan produknya. Karena dengan menggunakan jasa Google Adwords, anda bisa mengiklankan produk anda pada semua produk google yang mendukung iklan adwords dan situs mitranya google. Keuntungan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan Google Adwords, produk anda bisa tampil di halaman google tanpa perlu memikirkan SEO. Sistem pembayaran yang di tawarkan di bagi menjadi 2 macam, yaitu Pay Per Click dan Pay Per Million. Pay Per Click atau yang biasa di sebut PPC adalah apabila iklan dari pengiklan di klik, maka pengiklan tersebut harus membayarnya dan sebaliknya. Sedangkan Pay Per Million atau yang di sebut PPM merupakan sistem pembayaran berdasarkan jumlah iklan dari pengiklan tersebut ditampilkan. Biasanya iklan tersebut di tampilkan per 1000 kali tampil.

Google Adsense adalah sebuah jasa penawaran iklan kepada pemilik website atau blog yang nantinya web atau blog tersebut akan di pasangkan oleh iklan yang relevan dengan kata kunci atau konten yang ada pada website/blog tersebut. Pemilik website/blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan untuk memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google. Pemilik web/blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap 1 iklan yang di klik oleh pengunjung situs. Yang di kenal dengan sistem Pay Per Click atau PPC. Selain menyediakan sistem PPC, Google Adsense jugs menyediakan Adsense untuk pencarian (Adsense for search) dan iklan arahan (Referral). Pada Adsense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google pada halaman web milik mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian yang berlanjut dengan klik pada iklan. Sedangkan pada iklan arahan, pemilik situs akan mendapatkan pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut pada sebuah tindakan oleh pengunjung yang telah di sepakati antara google dan pemasang iklan.

Bagaimana pendapat Anda dengan ulasan yang kami berikan? 

Share this article

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>