Home / SEO /

Membaca Laporan Kata Kunci SEO Doxadigital

laporan_seo

Membaca Laporan Kata Kunci SEO Doxadigital

December 10, 2015 @ 4:21 pm
in SEO
Membaca Laporan Kata Kunci SEO Doxadigital

Selama lebih dari 10 tahun memberikan jasa seo bagi klien kami, kami menemukan bahwa salah satu kunci kesuksesan kampanye SEO ditentukan penentuan kata kunci yang tepat. Artikel ini memberikan gambaran tentang bagaimana anda dapat dengan mudah memahami laporan kata kunci seo yang diberikan oleh tim riset SEO kami.

Ciri-ciri kata kunci yang tepat bagi kami adalah:

  • Mengandung minat secara spesifik. Misal anda memiliki toko busana muslim, maka melakukan optimasi terhadap kata “toko baju muslim online”, “koleksi hijab terbaru” adalah lebih bermakna dibandingkan anda melakukan optimasi hanya untuk kata “baju muslim”. Ada 2 hal yang menguntungkan dari melakukan optimasi dari kata kunci yang mengandung minat secara spesifik:
    – Pencari berada dalam posisi ‘transaksional’ artinya pencari kata kunci sudah mengetahui apa yang diinginkan sehingga dalam kondisi siap untuk bertransaksi
    – Pada umumnya, persaingan SEO untuk kata kunci yang lebih panjang juga berarti persaingan yang makin mudah, yang secara langsung berarti proses SEO akan belangsung lebih cepat
  • Ada pencarian. Berarti apa yang anda lakukan dalam proses SEO memang sesuatu yang dicari oleh orang
  • Persaingan yang sedikit. Semakin sedikit persaingan membuat  situs anda lebih cepat masuk dalam TOP 10 Google.

Tantangan bagi tim SEO adalah menemukan kata kunci yang ideal dengan menggunakan 3 elemen diatas. Oleh karena itu kami telah menyusun sebuah sistem laporan riset kata kunci untuk mempermudah analisa:

Klik disini untuk download contoh laporan (PDF)

Beberapa Tolak Ukur (Metrics) yang perlu anda pahami dalam laporan kata kunci SEO ini:

Tingkat Kesulitan (SEO Keywords Difficulty)

Metriks ini adalah pengukuran kata kunci berdasarkan metriks SEO dari TOP 10 situs. Yang termasuk metriks SEO diantaranya: umur domain, total backlink (tautan menuju situs tersebut), jumlah signal dari media sosial facebook dan twitter. Dari perhitungan formula ini angka 1 – 100 diberikan.  Cara membaca angka keyword difficulty adalah sebagai berikut:
1 – 20 persaingan mudah, pencapaian TOP 10 bisa dilakukan kurang dari 6 bulan
21 – 40 persaingan menengah, pencapaian TOP 10 bisa dilakukan antara 6 – 10 bulan
41 – 60 persaingan sulit, pencapaian TOP bisa dilakukan antara 10 – 12 bulan
61 – 100 persaingan sangat sulit, pencapaian TOP bisa dilakukan lebih dari 12 bulan

Catatan: Angka ini hanya diperuntukkan sebagai estimasi dan bukan sebagai garansi, dalam beberapa kasus kami bisa melakukan optimasi lebih cepat dan juga bisa lebih lama.

# pencarian (SEO # of searches)

Ini adalah jumlah estimasi pencarian pada mesin pencari Google. Walau akurasinya tidak 100%, namun ini adalah satu-satunya data yang diberikan resmi oleh google melalui modul Google Keyword Planner.

Catatan: ini adalah jumlah pencarian yang dilakukan, bukan jumlah pencari (orang). Dalam banyak kasus satu orang dapat melakukan beberapa kali pencarian, bahkan mungkin yang anda lakukan saat melakukan cek kata kunci juga masuk dalam statistik ini.

Persaingan Komersil (Adwords Competition)

Angka ini berisikan tingkat persaingan dalam periklanan, Logikanya, jika sebuah kata kunci banyak digunakan untuk beriklan, maka kata kunci tersebut memiliki nilai komersil yang tinggi. 3 penilaian dalam kolom ini: Rendah, Sedang, Tinggi

KEI (Keyword Efficiency Index)

Angka ini didapat dari formula menghitung tingkat komersial suatu kata kunci dibandingkan jumlah pencarian. Menghitung apakah suatu kata kunci komersil atau tidak dapat dilihat dari peminat kata kunci ini untuk diiklankan (data diambil dari kompetisi iklan di Google Adwords). Suatu kata kunci yang diminati banyak orang untuk diiklankan berarti sangat komersil namun jika pencari kata kunci tersebut sedikit, mungkin bukan sesuatu yang efisien.

Cara melihat tingkat efisiensi adalah sebagai berikut:
> 1 – Bagus
0.5 – Sedang
0 – Buruk

Bagaimana menentukan prioritas dari laporan kata kunci seo ini ?

Kami menyarankan anda menghubungi Tim Account Executive kami untuk berdiskusi  lebih lanjut mengenai hal ini, karena selain dari faktor teknis pada laporan ini, ada faktor strategis yang perlu dibicarkan, seperti prioritas kampanye anda (apakah sales atau awareness) ? program pemasaran yang sedang berjalan ? dan beberapa elemen lain. Setelah kami mendapatkan gambaran lengkap tentang rencana bisnis anda, tim SEO kami akan merekomendasikan prioritas yang diperlukan.

Fakta: ada kalanya kami mentargetkan kata kunci dengan KEI rendah atas pertimbangan brand awareness karena telah terbukti menghasilkan konversi yang sangat tinggi.

Bingung dengan strategi SEO yang tepat untuk anda ? hubungi kami dan mari berdiskusi, kami senang menjadi bagian dari kesukesan klien kami

 

Share this article

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>