Home / Marketing /

Jasa SEO atau Jasa Adwords dulu ya ?

jasa_adwords_jasa_seo

Jasa SEO atau Jasa Adwords dulu ya ?

January 18, 2014 @ 2:06 pm
Jasa SEO atau Jasa Adwords dulu ya ?

Ini merupakan salah satu pertanyaan yang sering diajukan dari orang yang ingin menggunakan Google sebagai salah satu ‘kendaraan’ kampanye digital mereka. Saya akan mencoba menguraikan sedikit bagi anda agar anda memiliki gambaran dan dan membuat keputusan antara strategi mana yang lebih cocok bagi bisnis anda.

Bila anda mengharapkan jawaban singkat dari saya, cenderung saya akan jawab “cobalah keduanya terlebih dahulu” karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun dengan mengkombinasikan keduanya pada strategi kampanye digital anda, ini adalah kombinasi strategi yang baik untuk bisnis anda.

Saya akan menggunakan istilah SERP pada artikel ini. Untuk anda yang baru mendengar kata SERP, ini adalah kependekan dari Search Engine Result Page, yang artinya hasil pencarian mesin pencari (search engine) dari kata yang dimasukkan kedalam sistem.

 

Adwords = “tidak pakai lama !”

Dengan menggunakan adwords, anda hanya butuh melakukan setting awal dari sebuah kampanye dan sistem akan tampilkan iklan anda dalam waktu kurang dari 30 menit. Sementara dengan strategi SEO, anda membutuhkan waktu lebih lama. Saat sebuah artikel baru dipublikasikan dalam situs anda, mungkin dengan strategi tertentu anda bisa melihatnya dalam top 10 google dalam kurun waktu 1-3 hari, namun biasanya sebuah artikel atau halaman baru bisa stabil dalam halaman top 10 google dalam waktu 2 minggu – 4 bulan, dan dapat lebih lama bila anda mentargetkan kata kunci yang memiliki banyak persaingan

 

SEO yang “Gratis” dan Adwords yang “Bayar”

Banyak orang yang memilih menggunakan SEO karena untuk masuk ke dalam top 10 adalah gratis sementara Adwords adalah metoda beriklan yang menggunakan biaya. Ini tidak seluruhnya benar, karena dengan SEO anda tetap menggunakan biaya seperti untuk jasa seo, jasa penulisan artikel, proxy, software dan lain sebagainya. Apabila anda mengerjakan seluruh kampanye SEO seorang diri, tetap ada ‘biaya’ yang harus anda ‘bayarkan’ yaitu waktu karena anda harus melakukan optimasi situs dengan beberapa tehnik terentu secara konsisten dan terus menerus untuk beberapa waktu hingga situs anda mulai ‘merangkak’ menuju top 10

 

Adwords disupport Google, SEO tidak disupport Google

Sampai hari ini, Google tidak pernah membuka secara gamblang bagaimana metode algoritma rangking dalam SERP bekerja, semua konsultan seo pada dasarnya mempraktekkan apa yang mereka anggap bekerja pada saat itu. Tantangan lain adalah Google selalu membuat update pada algoritma mereka untuk dapat mengindeks situs yang relevan lebih baik sekaligus ‘memerangi’ para konsultan seo yang menggunakan metoda ‘nakal’ untuk mengeksploitasi algoritma sebelumnya. (metoda yang dikenal dengan nama BlackHat SEO). Sementara disisi lain Adwords adalah produk yang sangat disupport Google karena merupakan salah satu produk untuk pendapatan mereka.. Google hingga memberi pelatihan, webminar, yang sifatnya gratis kepada para penggunanya. Untuk Agency, google mengadakan program pelatihan khusus dan intensif untuk dapat menggunakan dan mengoptimalkan platform Google Adwords.

 

Fokus Branding vs Selling.

Ini merupakan dasar perbedaan terbesar, karena dengan SEO, anda sulit untuk merubah-rubah deskripsi listing anda, sementara melalui PPC hal ini sangat mudah dilakukan. Oleh karena itu tujuan dasar anda melakukan SEO sebenarnya lebih berfokus pada branding jangka panjang, sementara dengan Adwords, fokus anda adalah selling jangka pendek. Menurut hasil riset 85% pencari di internet lebih percaya pada informasi yang ditampilkan pada listing top 10 Google, namun statistik lain menyebutkan bahwa 50% pengunjung yang datang melalui iklan PPC melakukan transaksinya, mungkin dari sini anda sudah dapat menebak perilaku seperti apa yang didatangkan oleh kedua strategi kampanye ini (sumber unbounce.com)

 

Adwords dan SEO yang saling membantu.

Salah satu kelamahan SEO adalah kesulitan untuk merubah deskripsi situs pada hasil SERP, disinilah Adwords dapat membantu SEO. Contoh pada event tertentu seperti lebaran misalnya. Anda dapat menggunakan Adwords untuk iklan yang bersifat menjual (selling), sementara rangking situs anda dengan SEO masih tetap menampilkan deskripsi situs yang bersifat branding.

Jasa SEO dan Jasa Adwords yang saling membantu

Mengkombinasikan penggunaan Adwords dengan SEO Top 10 untuk kesuksesan kampanye digital anda

 

Ini semuanya tentang probabilita di SERP…

Pada halaman hasil pencarian biasa (tanpa iklan google), biasanya Google akan menampilkan 10 hasil indeks teratas saja (ini yang sering orang sebut Google Top 10), walau sejak november 2013, google terkadang menampilkan hanya 7 indeks teratas.

Dalam keadaan tersebut, potensi rasio anda mendapatkan kunjungan adalah 1/10 (10%).

Namun melalui Adwords, anda berkesempatan menambah rasio tersebut. Apabila pada sebuah kata kunci yang anda tentukan tidak memiliki persaingan, maka rasio anda adalah 2/11 (18%).

Jadi, apabila anda bertanya kepada saya sebagai pemasar, saya akan meminta anda mencoba keduanya terlebih dulu selama 2-4 bulan agar anda dapat melakukan pengukuran, strategi mana yang baik yang dapat diimplementasikan.

 

————————

Jika anda membutuhkan jasa adwords/ppc maupun jasa seo untuk bisnis anda, silahkan hubungi kami di 021-5324093/94 atau email ke info@doxadigital.com , tim penjualan kami akan segera menghubungi anda. Kami akan memberikan konsultasi gratis dan melakukan riset cepat secara langsung (live) di kantor anda. Apabila anda berada diluar Jabodetabek, kami akan melakukan konferensi online secara langsung

 

 

Share this article

Comments

  • January 21, 2014

    Makasih buat sharing ilmunya, Suhu..

    • Doxadigital Team
      January 23, 2014

      Sama-sama gan :)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>